Produk Kosmetik Standar BPOM Aman dan Halal

Produk Kosmetik Standar BPOM Aman dan Halal

Produk Kosmetik Standar BPOM Aman dan Halal

Produk kosmetik standar BPOM aman dan halal menjadi bagian yang sangat penting sekali terutama untuk kaum muslimah di Indonesia. Akan tetapi untuk mengetahui produk kosmetik yang aman dan halal sesuai dengan standar dan program kerja BPOM tidaklah mudah.

Untuk itu anda harus selalu waspada dan teliti sebelum membeli dan menggunakan berbagai produk kosmetik yang dijual bebas sekarang ini, terutama sekarang ini banyak sekali produk kosmetik yang berasal dari luar negeri.

Namun tidak semua produk kosmetik yang berasal dari luar negeri itu haram dan tidak layak digunakan oleh wanita muslimah yang ada di Indonesia. Karena setiap negara tentunya memiliki lembaga yang berwenang untuk mengawasi produk kosmetik yang akan di edarkan.

Akan tetapi akankah setiap negara memiliki standar produk kosmetik aman dan halal sesuai dengan MUI? Oleh sebab itu, pengetahuan tentang lisensi dan sertifikasi dari lembaga halal di luar negeri sangat wajib untuk diketahui.

Tips Aman Membeli Produk Kosmetik Halal MUI

Tips aman membeli produk kosmetik sesuai dengan anjuran MUI sebagai konsumen terbagi ke dalam beberapa tips, ini adalah sebagai langkah awal yang harus anda lakukan ketika akan membeli sebuah produk kosmetik halal dan aman.

Langkah langkah membeli produk kosmetik aman dan halal.

Mengecek legalitas produk kosmetik

Sebelum membeli kosmetik sebaiknya anda memperhatikan legalitas produk tersebut, caranya adalah dengan mengecek NA atau nomer registrasi yang diterbitkan oleh BPOM.

Cara mengeceknya mudah sekali, kunjungi situs cek produk BPOM di : https://cekbpom.pom.go.id/.

Mengetahui komposisi bahan yang digunakan

Produk kosmetik yang dikategorikan haram harus dihindari karena mengandung bahan yang dilarang seperti misalnya plasenta atau gliserin turunan hewan. Bahan kosmetik yang halal untuk digunakan misalnya terbuat dari tanaman dan herbal.

Mengutamakan yang berlogo halal

Produk kosmetik halal tentunya akan mencantumkan logo halal dari LPPOM MUI, jadi utamakan untuk memilih produk kosmetik yang memiliki logo halal pada kemasan produknya seperti ketika belanja di toko kosmetik online.

Mengecek lokasi produsen kosmetik

Perusahaan terbaik akan memproduksi kosmetik yang berkualitas dan tidak akan mempertaruhkan namanya untuk membuat produk yang dilarang. Cara amannya adalah dengan membeli produk kosmetik yang mencantumkan alamat produsen secara lengkap.

Syarat Produk Kosmetik Halal Sesuai LPPOM MUI

Untuk produk kosmetik dalam negeri tentunya merujuk pada sertifikasi halal dari LPPOM MUI, lalu bagaimana dengan dengan produk kosmetik yang berasal dari luar negeri?

Apakah kosmetik halal bisa dikatakan halal selain yang berlabel MUI?, menurut sumber terpercaya dari LPPOM MUI, kewenangan untuk mencantumkan dan memberikan label halal hanya dilakukan oleh BPOM.

Akan tetapi MUI sudah merekomendasikan beberapa lembaga sertifikasi halal yang sudah diakui dan mempunyai standar yang sama.

Lembaga Sertifikasi Halal Yang Diakui Oleh MUI

Diluar negeri juga ada beberapa lembaga yang berwenang dalam memberikan sertfikasi halal dan diakui oleh MUI, misalnya adalah Malaysia dengan standar malaysia.

Setidaknya ada sebanyak 42 lembaga yang tersebar di dunia yang sertifikasi halalnya juga diakui oleh MUI diantaranya adalah, Jabatan Kemajuan Islam Malaysia (JAKIM), Majelis Ugama Islam Singapore, Office Muslim Affair (OMA) Filipina, The Central Islamic Comittee of Thailand (CICOT) dan lain sebagainya.

Seluruh produk yang sudah mendapatkan sertifikasi halal dari lembaga yang ada di negaranya masing masing, ketika akan masuk ke Indonesia juga akan mendapatkan label halal dari MUI.

Syarat Mengajukan Sertifikat Halal Dari MUI

Untuk mendapatkan pengakuan dari MUI maka ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh lembaga sertifikasi di luar negeri diantaranya adalah :

  1. Memiliki lokasi kantor permanen.
  2. Sumber daya manusia yang berkualitas.
  3. Bernaung di bawah lembaga dan organisasi Islam.
  4. Memiliki tim khusus untuk melakukan audit dan menguji kehalalan produk kosmetik.
  5. Memilik tim komisi untuk menentukan fatwa dan memutuskan sebuah produk halal atau haram.

Syarat syarat tersebut tujuannya adalah untuk menjamin keamanan kamu muslimah yang ada di Indonesia untuk selalu menggunakan produk kosmetik yang aman dan halal sesuai dengan anjuran MUI dan BPOM. – Produk Kosmetik Standar BPOM Aman dan Halal.

One Response to Produk Kosmetik Standar BPOM Aman dan Halal

  1. […] Hal ini agar pengguna terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, carilah produk kosmetik standar BPOM yang aman dan […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *